Menetukan Strategi Pasar
Seperti
yang telah dijelaskan di atas,
perawatan jaringan perlu dilakukan. Mengaudit
suatu peralatan jaringan perlu dilakukan jika informasi
tentang itu belum tersedia. Peralatan jaringan yang diaudit meliputi
Ethernet Card, Hub, Switch, Router, dan
peralatan jaringan lainnya.
Suatu strategi-strategi perawatan untuk menjaga kontinuitas operasi IT dan fungsi
bisnis diidentifikasi berdasarkan
faktor, faktor tersebut
antara lain adalah
sebagai berikut:
- Anggaran
- Kebutuhan bisnis
- Persyaratan SLA
Untuk itu dalam menguji suatu strategi perawatan perlu mempertimbangkan beberapa faktor di atas. Jadwal perawatan komponen jaringan
juga harus dilakukan dan
dipertimbangkan berdasarkan faktor-faktor
di atas.
Dalam strategi
perawatan jaringan,
suatu dokumentasi arsitektur dan konfigurasi
sistem jaringan juga perlu ditinjau kembali. Tujuan dilakukan pemberian informasi ini
adalah untuk menyediakan suatu informasi
terbaru sehingga dapat dilakukan suatu penanganan yang
mudah jika terjadi suatu kerusakan atau
kesalahan
dalam jaringan.
SLA
SLA atau yang dikenal
dengan perjanjian tingkat layanan
adalah perjanjian formal antara Service
Provider dengan pelanggan
untuk menetapkan suatu level pelayanan (QoS) tertentu. SLA disiapkan untuk mencocokkan pengguna dengan persyaratan bisnis. SLA perlu dipersiapkan untuk sesuai dengan parameter yang berlaku. Beberapa parameter yang
dapat
mempengaruhi SLA
untuk
layanan
voice
adalah
sebagai
berikut :
- Paket lose
- Delay
- Jitter
- Throughput
Metode Identifikasi Masalah
Ada 2 cara yang dapat
dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dalam
sistem jaringan, sebagai berikut:
Metode Penelusuran
Kesalahan
Metode ini melakukan pelacakan
hal-hal yang menyebabkan terjadinya kesalahan
pada sistem jaringan hingga dapat menemukan solusi yang tepat.
Metode Try
and Error
Metode ini melakukan percobaan
dan mencatat hasil
yang dikeluarkan untuk
menemukan pemecahan dalam menangani masalah yang timbul.
Perawatan Perangkat Jaringan
Perawatan Perangkat
Keras
Berikut ini adalah cara-cara
dalam melakukan perawatan perangkat keras jaringan agar jaringan dapat beroperasi
dengan baik:
Membersihkan setiap perangkat keras
jaringan dari debu yang menumpuk
Melakukan penyusunan kabel LAN secara teratur untuk mudah dalam melakukan
penelusuran kesalahan. Oleh karena itu kabel LAN biasanya diberikan sebuah label.
Memastikan antena yang terhubung ke ISP tidak berubah posisi dari posisi
semula dan berada pada kondisi Line
Of Sight.
Apabila terjadi kesalahan dalam pengkabelan, dapat digunakan alat
yang bernama LAN tester. Fungsi dari alat ini
adalah untuk menguji redaman suatu kabel LAN, maupun struktur kabel tersebut.
Apabila diketahui bahwa kesalahan disebabkan oleh rusaknya hub
sehingga beberapa user terganggu aktifitasnya. Komponen Switch
dapat digunakan sementara untuk mengatasi hal tersebut. Sedangkan apabila diketahui bahwa kesalahan disebabkan oleh rusaknya
router pinjaman dari ISP sehingga semua user yang tergabung dalam jaringan tersebut
terganggu aktifitasnya, maka PC Router dapat digunakan sementara untuk meminimalkan
gangguan tersebut.
Sementara itu untuk dapat menguji
konektifitas dan kinerja access point sehingga dapat memonitor
sedang dalam kondisi apa
AP tersebut, dapat menggunakan
sebuah software yang bernama netstumbler.
Akan tetapi ada keterbatasan dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan
jaringan. Ada prosedur-prosedur perawatan yang
tidak dapat dilakukan oleh internal, contohnya antara lain sebagai
berikut:
·
Penginstallan Antena AP yang dipinjamkan oleh pihak ISP yang terletak pada
·
kantor ISP tersebut
·
Penginstallan kabel serat optik yang akan digunakan sebagai
media penghubung dari ISP ke
pelanggan
Sedangkan
prosedur perawatan yang dapat dilakukan
secara internal contohnya antara lain adalah sebagai berikut:
·
Pembersihan komponen
jaringan dari debu dan kotoran
lainnya
·
Pembuatan dan penjagaan
firewall untuk kepentingan perusahaan
Perawatan
Perangkat Lunak
Berikut ini adalah cara-cara dalam melakukan perawatan perangkat lunakjaringan
agar jaringan dapat beroperasi dengan
baik:
Tidak melakukan perangkat lunak
yang memakan memori
besar pada komputer yang berfungsi untuk
memonitoring
kondisi
jaringan. Perangkat lunak
yang memakan memori besar antara
lain adalah game. Selalu
memperbaharui kompatibilitas perangkat lunak dengan perangkat keras
Rekomendasi pencegahan atau deteksi
dini dari masalah-masalah yang sama
pada peralatan dan perangkat
lunak di buat. Hal ini bertujuan agar penyelesaian untuk masalah-masalah yang sama dapat dilakukan dengan cepat.
Dokumentasi Perawatan
Dokumentasi
hasil perawatan perangkat keras dan lunak dibuat untuk melengkapi
persyaratan standar proyek. Seiring dengan
perkembangan teknologi, dokumentasi yang dibuat secara digital memiliki kelebihan
dibandingkan dokumentasi secara manual. Contoh dari format digital adalah dengan membuat
dokumen berformat .txt,.doc, atau .pdf.
Tujuan dari digitalisasi tersebut antara lain adalah
sebagai berikut:
- Untuk melancarkan pengembangan yang sistematis tentang cara mengumpulkan, menyimpan, dan mengorganisasi informasi dan pengetahuan dalam format digital
- Untuk mengembangkan pengiriman informasi yang hemat dan efisien di semua sektor
- Untuk mendorong upaya kerjasama yang sangat mempengaruhi investasi pada sumber-sumber penelitian dan jaringan komunikasi
Laporan kesalahan dalam bentuk digital tersebut sebaiknya juga dicetak dan ditempatkan pada dekat komponen jaringan sehingga dapat meminimalisasi
waktu
yang terbuang akibat kecelakaan atau
kerusakan pada jaringan.
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id
Samo2 mas broo
BalasHapusSamo2 mas broo
BalasHapusKepada Yth
BalasHapusPerusahaan Pemerintah BUMN & SWASTA
PT. CV. LTD. TBK. PERSERO
Attn :Pimpinan / Finance Manager ( Pengurus Bank Garansi & Asuransi )
From : Adnan Suryati
Contac : 0813 8545 5646
Email : adnansuryati86@gmail.com
Perihal : Penawaran Jasa Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan Serta SP2D Akhir Tahun
Dengan Hormat,
kami dari PT.GLOBAL PERSADA INDONUSA (Insurance Brokerage) Akta Notaris No.116 -Tanggal 17 Februari 2014 , Bersifat keagenan No. 01.1211113.00.00.0101 & 01.121113,00.00.014864.0101 Telah di back up oleh perusahaan asuransi kerugian swasta nasional maupun BUMN . Bank Garansi & Asuransi yang kami terbitkan di terima di instasi pemerintah ( BUMN,BUMD,PERTAMINA,MABES TNI + POLRI ,VICO,TOTAL E & P INDONESIA ) Di sini kami memberikan procedure yang relative mudah yaitu, TANPA AGUNAN ( NON COLLATERAL ) untuk semua jenis jaminan serta proses cepat dan polis jaminan kami antar langsung ke perusahaan bapak/ibu.
Jenis Jaminan Yang Kami Tawarkan Di Antaranya:
1. Jaminan Penawaran / Bid ( Tender) Bond.
2. Jaminan Pelaksanaan / Peformance Bond.
3. Jaminan UangMuka /Advance.
4. Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
5. Jaminan Pembayaran
6. SP2D / Sisa Anggaran Akhir Tahun
Adapun Jasa Asuransi Kerugian yang lain seperti :
Contractors All Risk (CAR), Erection All Risk (EAR), Conprenship General Liability (CGL), Workman Compesation Liability(WCL), Property All Risk (PAR), Automobile Liability (AL), Marine Hull (MH), serta Personal Accident Insurance (PAI).
Demikianlah kerjasama ini kami ajukan di semua bidang perusahaan, semoga
ini merupakan awal kerjasama yang baik & berkesinambungan di masa yang akan
datang, kami ucapkan terima asih.
Hormat kami
Salam.
From : ADNAN SURYATI
Marketing(manager)
Contact : 0813 8545 5646
PT. GLOBAL PERSADA INDONUSA
Head Office ; Utan Kayu Utara, JL. Nangka No. 20 - Utan Kayu Kec. Matraman - Jakarta Timur
Telp ; ( 021 2962 1873, 8591 5293 )
Fax ; ( 021 2962 1878)