Rabu, 20 Maret 2013

Server


1.5              Server
Server sesuai dengan namanya bisa diartikan sebagai pelayan pada suatu jaringan komputer. Server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.
Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan server adalah DHCP, Mail ServerHTTP ServerFTP ServerDNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client. Sebagai contoh, DHCP client akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server  ketika sebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.
Contoh sistem operasi server dari windows adalah  Windows NT 3.51, Windows NT 4.0Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun SolarisUnix. Sementara sistem operasi berbasis GNU/Linux contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll 
Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proxy. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.

1.6              Jenis – Jenis Server
1.                  Server Platform: Server platform adalah hardware atau software dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server
2.                  Server Applikasi: Juga dikenal sebagai jenis middleware, berfungsi sebagai pengolah perintah dari client dan database.
3.                  Server Audio / Video : Menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.
4.                  Chat Server : Untuk menangani chatting beberapa user.
5.                  Fax Server : Fax server memungkinkan user untuk mengirim dan menerima fax melalui jaringan komputer
6.                  FTP Server : adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi. Tujuan dari FTP server diantaranya sebagai berikut yaitu : sharing data, menyediakan indect atau implicit, remote komputer, menyediakan tempat penyimpanan bagi user, menyediakan transfer data yang realible dan efisien.
7.                  Groupware Server : Ini adalah software yang dirancang yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.
8.                  IRC Server : Internet Relay Chat server memungkinkan user untuk berdiskusi lewat jaringan
9.                  List Server : Menyediakan cara yang lebih baik mengelola milis. Server dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.
10.              Mail Server : digunakan untuk menntrasfer email pada jaringan TCP/IP atau disebut juga perangkat lunak yang mendistribusikan file atau dokumen yang diminta yang dikirim via email. Mail server juga menyediakan layanan seperti FTP.
11.              News Server: Ini berfungsi sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.
12.              Proxy Server : sebuah komputer server atau program yang dapat bertindak sebagai komputer lain untuk melakukan request terhadap content dari intranet atupun internet. Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap komputer client, proxy juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringanpribadi yang di hubungkan ke sebuah jaringan publik atau internet.
13.              Telnet Server : Untuk log on ke komputer host dengan cara remote dari komputer lain.
14.              Web Server : merupakan sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari client yang dikenal dengan "web browser" dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang umum yaitu HTML.WEB server juga merupakan sebuah komputer yang menyediakan layanan untuk internet.
15.              DNS Server : sebuah aplikasi service di internet yang menterjemahkan sebuah domain nama ke IP address, biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet seperti WEB browser, E-mail. Selain digunakan di internet juga dapat di implementasikan ke private network atau internet, sehingga user tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address. Jenis-jenis DNS yaitu chache,primary dan secondary, Secara umum file-file yang harus di buat yaitu :
·         named.conf : file Configurasi utama dari named
·         database domain : berisikan nama-nama host dari sebuah domain yang di mapping ke IP addressnya.
·         database reverse domain : memuat daftar ip addressyang di mapping ke host name dari domain tertentu.
16.              DHCP : merupakan protokol yang memudahkan Pengalokasian alamat IP address dalam satu jaringan. Tugasnya yaitu memberikan IP address kepada semua komputer dalam jaringan lokal secara manual kepada komputer yang tidak menggunakan DHCP, sedangkan yang sudah terhubung maka DHCP akan mendapatkan IP address secara otomatis dari server DHCP. Dalam kata lain DHCP adalah sebuah protokol yang "menyewakan" alamat IP address kepada semua client yang memintanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar